Halaman

Sabtu, 11 Januari 2014

Bahasa Jawa yang Semakin Terpinggir

 - Essay tugas Pendidikan Pancasila - 

Hakikat wawasan Nusantara yaitu cara pandang Bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat, laut dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya dan Pertahanan Keamanan. Sebagaimana kita ketahui indonesia merupakan negara dengan bermacam macam adat istiadat, budaya, agama bahkan bahasa. Oleh sebab itu, selain kekayaan alam yang melimpah, Indonesia juga mempunyai kekayaan udaya yang melimpah. Dengan demikian kita dituntut turut berperan aktif untuk menjaga, membela dan berjuang demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Seperti kita ketahui, Bahasa Jawa merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia yang asli dimiliki oleh Suku Jawa. Namun sekarang bahasa Jawa tidak se exist dulu. Hal ini karena bahasa Jawa kalah saing dengan bahasa-bahasa lain, khususnya bahasa Indonesia dan bahasa anak gaul jaman sekarang. Anak-anak muda yang berasal dari jawa lebih suka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-harinya. Hal ini dikarenakan bahasa Indonesia memang bahasa resmi dan juga keadaan yang membuat mereka menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini bukan menjadi faktor utama sehingga bahasa Jawa dilupakan.
Seperti kita ketahui, pasti anak-anak muda yang berasal dari jawa bisa untuk berbicara bahasa jawa, namun aku tidak yakin bahwa mereka dapat berbicara bahasa jawa dengan baik dan benar apalagi berbicara dengan bahasa Jawa Kromo Inggil. Pasti sedikit dari mereka yang bisa. Hal ini dikarenakan juga oleh orang tua mereka yang sebagain besar tidak mengajarkan kepada anak-anaknya untuk menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar lebih parahnya lagi, sedikit sekali orang yang dapat menulis dengan huruf hanacaraka. Mereka yang bisa pasti hanya mereka yang masih belajar di SMP atau SMA dan ada mata pelajaran Bahasa Jawa. Lalu sebenarnya salah siapakah ini? Semua pihak mempunyai tingkat kesalahan meskipun dengan kadar kesalahan yang berbeda-beda.
SOLUSI

Oleh karena itu, saya memberi saran terutama kepada anak muda yang berasal dari Jawa untuk selalu menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar. Kepada para orangtua yang berasal dari jawa juga sebaiknya mengajarkan kepada anaknya untuk menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar. Pemerintah daerah juga harus mendukung akan kelestarian bahasa jawa dengan cara membuat program-program sehingga anak-anak muda mempunyai rasa nasionalisme akan bahasa Jawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar