Halaman

Sabtu, 11 Januari 2014

KETAHANAN PANGAN DAN KEDAULATAN PANGAN

STUDI KASUS KETAHANAN NASIONAL
KETAHANAN PANGAN DAN KEDAULATAN PANGAN

Ketika kita membicarakan ketahanan nasional, maka pembicaraan kita tidak bisa terlepas dari ketahanan pangan. Ketahanan pangan bisa dipahami secara sederhana semacam benteng pertahanan yang mencegah intervensi pangan dari pihak lain, khususnya bagi bangsa Indonesia yang memperoleh ancaman dari pihak Negara asing. Sementara itu, ketahanan pangan erat kaitanya dengan kedaulatan pangan. Kedaulatan pangan adalah semacam kemerdekaan bagi segenap warga bangsa Indonesia mengenai pangan yang tidak memiliki ketergantungan dari pihak manapun, utamanya dari penjajahan pihak asing. Artinya, kedaulatan pangan dapat dipahami sebagai kemerdekaan segenap warga bangsa Indonesia mengenai pangan yang bebas dari pengaruh maupun intervensi pihak lain.

Kedaulatan pangan merupakan prasyarat dari ketahanan pangan (food Security). Mustahil tercipta ketahanan pangan jika suatu bangsa dan rakyatnya tidak memiliki kedaulatan atas proses produksi dan konsumsi pangannya.  Oleh karena itu merupakan suatu keharusan bagi setiap bangsa dan rakyat untuk dapat mempunyai hak dalam menentukan makanan yang dipilihnya dan kebijakan pertanian yang dijalankannya, kapasitas produksi makanan lokal di tingkat lokal dan perdagangan di tingkat wilayah.

fakta fakta menunjukkan bahwa di Indonesia terjadi kondisi pangan yang semakin buruk. Indonesia terjebak dalam kebijakan pangan yang monokultur, Indonesia terjebak  kedalam kebijakan harga pangan yang murah, Petani, dan perusahaan – perusahaan yang ada di Indonesia di dorong untuk menanam tanaman – tanaman eksport, Semakin berkurangnya peran negara dalam mengatur kebijakan pangan dan Membanjirnya import bahan pangan ke Indonesia.

SOLUSI
            Dalam upaya menciptakan kedaulatan pangan menuju kepada keamanan pangan yang sejati, pemerintah – pemerintah haruslah melaksanakan kebijakan – kebijakan yang berlandaskan pada produksi pertanian keluarga, menggantikan peran industri yang berorientasi pertanian eksport. Jika kedaulatan panagn Indonesia baik, maka ketahanan Indonesia akan baik juga. Dengan demikian, maka perlu adanya upaya-upaya yang harus dilakukan oleh berbagai pihak yang bersangkutan antara lain:

        1.      Melindungi pasar dalam negeri dari serangan harga import murah
  1. Mengatur produksi untuk kebutuhan pasar dalam negeri untuk mengatasi surplus
  2. Menjamin kualitas pangan yang diinginkan oleh rakyat
  3. Meningkatkan keadilan terhadap akses sumber – sumber agraria, tanah, air dan alat – alat produksi lainnya
  4. Membangun ekonomi pangan lokal yang berdasarkan pada proses produksi dan pemasaran pangan di tingkat lokal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar